BEKERJA DENGAN OUTLOOK
A. PENDAHULUAN
Modul ini merupakan salah satu mata
rantai yang tidak terpisahkan dari mata kuliah aplikasi perkantoran yang di
ajarkan di jurusan Teknik Informatika. Dalam modul ini menguraikan tentang
pengertian :
Microsoft
Office Outlook 2007
adalah sebuah program untuk manajemen informasi personal yang membantu mengatur
waktu dan informasi secara lebih efektif serta memungkinkan penggunanya untuk
berbagi informasi antar sesama dengan lebih mudah.
B. KOMPETENSI
DASAR
Mengetahui
pengertian outlook,membuat profil pada outlook, membuat account baru ,membuat
dan ménage address book.
C.
KEMAMPUAN AKHIR Yang DI HARAPKAN
1.Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Ms.Outlook
2.Mahasiswa dapt mengunakan fungsi Setting up
Outlook
3.Mahasiswa dapat membuat profil account baru dan
ménage address
D.
KEGIATAN BELAJAR
1.URAIAN MATERI
Microsoft Outlook adalah sebuah
aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft,
salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates
Aplikasi Outlook ini membantu
kita dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis dibandingkan dengan
menggunakan internet. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office,
sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai
beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan
kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebenarnya
feature MS Outlook akan lebih optimal apabila
di sisi servernya menggunakan MS Exchange.
Sebelum menggunakan Outlook ada baiknya terlebih
dahulu kita mengenal menu-menu utama
Folder List
Folder List menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox, Personal Folders, dan Public Folders.
Toolbar
Toolbar berisi shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti "New Mail Message", "Print", dan
"Print Preview".
Note: Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
Status Bar
Status Bar menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder
yang ditunjuk, dan berapa banyak pesan
yang belum dibaca jika ada.
Outlook Bar
Sama seperti Folder List, Outlook
Bar berisi shortcuts untuk fasilitas yang ada pada Microsoft Outlook,
seperti Calendar, Contacts, and Tasks.
OUTLOOK UNTUK PENGELOLAAN EMAIL
2.1 Membaca Email
Untuk membaca email pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan
yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru.
Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar ( sudut kiri monitor ) akan diberi tanda
amplop yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untuk
email yang tiba pada Outlook.
2.2 Membaca File Attachment
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada Outlook akan di beri
tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file attachment lakukan langkah berikut :
1. Buka pesan/mail message.
2. Akan ada icon dengan nama file di body text.
3. Dobel klik icon file. File attachment akan terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda
bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
Cara menyimpan file attachment.
1. Sorot file attachment
2. Klik menu File – kemudian Save attachment.
3. Pilih folder tempat menyimpan file yang diinginkan.
2.3 Membuat Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita ingin mengelompokkan email dan menempatkannya pada
folder tertentu hal ini dapat
dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox.
Lakukan langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik File
2. Pilih New – pilih Folder
3. Ketik nama folder pada kolom yang tersedia.
Klik 2 kali
File Attachment Isi Email
Tanda paperclip/attachment
2.4 Menggunakan “Message Rule”
Message Rule berguna untuk mengatur email agar dapat diterima
sesuai dengan aturan yang
diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan email pada folder
tertentu maupun untuk memblok
email yang tidak kita inginkan ( iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk mensetting Message Rule lakukan
langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik menu Tools
2. Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3. Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa
email begitu tiba.
5. Klik Next
6. Pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan ( contoh “with specific word in the sender’s
address” ), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat
pengirim.
7. Klik kalimat “specific word” yang
digaris bawah.
8. Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Didin)
9. Klik Next kemudian pilih “move it to the specified folder” (akan memindahkan email ke
folder tertentu)
10. Klik specified, akan muncul window folder daripada Outlook
11. Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” ( sub folder).
12. Klik Next –
kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
13. Klik Finish
Ada kalanya kita tidak ingin menerima email tertentu yang
mengganggu. Untuk memblokir suatu
email yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb ) lakukan langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik Tools
2. Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3. Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa
email begitu tiba.
Folder
5. Klik Next
6. Pilih with “specific word in the body” ( akan mencek kata-kata yang ada pada isi pesan)
7. Kemudian ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda
sensor/blok.
8. Klik Next kemudian
pilih/cek “Delete it” ( akan langsung menghapus pesan bila tiba )
9. Klik Next –
kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10. Klik Finish
Note: Option yang ada pada massage rule dapat
dipilih sesuai dengan aturan yang kita inginkan pada
email yang dikirim maupun yang diterima..
2.5 Membuat/mengirim Email
Untuk membuat pesan (message) baru pada Outlook ikuti
langkah berikut:
1. Pada folder Inbox, klik menu File
2. Sorot New
3. Klik menu Mail Message
Note: Proses ini dapat disingkat dengan menekan icon New Mail Message (sudut kiri atas) pada toolbar
Inbox .
Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sbb:
• To: tujuan standar pengalamatan pesan.
• Cc: singkatan dari Carbon Copy. Jika
Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi
ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat
emailnya pada
kolom Cc selain pada kolom To.
• Bcc: singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan pada 2 orang,
pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan menerima email
tetapi penerima yang
ada dikolom To tidak akan mengetahui (blind) bahwa email juga dikirim kepihak ke 2
(Bcc).
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti
langkah berikut :
1. Klik tombol pengalamatan (addressing) (To,
Cc, or Bcc).
2. Pada kolom "Show Names From The :" , pastikan address list yg benar telah dipilih, klik
tanda panah down untuk memilih.
3. Dobel klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang
ingin dikirim. Anda dapat memilih
lebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4. Klik tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/New Mail Message dengan alamat
email yang telah dipilih tadi.
5. Masukkan text pada halaman isian pesan.
6. Setelah selesai mengetik pesan klik tombol Send, dan pesan akan segera dikirim..
2.6 Pemakaian Group
Anda dapat mengirim email ke Group tertentu, yang terdiri dari
gabungan beberapa alamat email. Hal ini
berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat
sekaligus dalam satu Group daripada
menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk membuat Group akan
dibahas pada bab selanjutnya. Untuk
mengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1. Klik “To” pada pengiriman email. Akan muncul menu Address Book.
2. Pada kolom “Show Names from the : “ pilih All Groups ( atau ditempat mana anda membuat
groups).
3. Klik Ok dan Send
2.7 Mengirim Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan
Anda, seperti dokumen atau spreadsheet,
lakukan langkah berikut:
1. Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat emailnya.
2. Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3. Klik File.
4. Cari file yang ingin anda sertakan.
5. Dobel klik pada file yang akan disertakan
Note: Icon Attach File (gbr paperclip)
merupakan jalan singkat untuk menyertakan file
:
and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body pesan.
Bisaanya masing-masing server email membatasi besar file yang
dikirim sesuai kemampuan. Misalnya
Email domain depkeu.go.id untuk saat ini besarnya file attachment dibatasi sebesar 1 Mb.
2.8 Membalas ( Reply ) Pesan
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan
Anda ingin langsung
membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal
tersebut lakukan langkah berikut :
Standard Reply
1. Pada folder Inbox doble klik email yang ingin Anda balas.
2. Klik tombol Reply .
3. Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To:
4. Ketik pesan anda pada body pesan.
5. Klik Send.
Fungsi reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang
dituju oleh pengirim pertama.
Untuk melakukan ini :
1. Klik tombol reply to all.
2. Semua penerima akan tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan tercantum
pada bagian Cc : juga
3. Ketik pesan anda pada body pesan.
4. Klik tombol send.
2.8 Out Of Office
Assistant
Ms Outlook menyediakan fasilitas autoreply, dimana
Outlook akan otomatis membalas email yang datang.
Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda
bisa otomatis mengirim reply pesan ke
orang yang mengirim anda pesan, sehingga orang itu tahu
bahwasannya Anda belum membaca pesan yang
telah dia kirim. Hal ini kita lakukan dengan memanfaatkan
fasilitas Outlook yang disebut “Out Of Office
Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1. Klick Tools pada
toolbar.
2. Klik Out Of Office Assistant.
3. Jendela Out Of Office Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah "I am currently
out of the office" dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan
pada kotak yang tersedia.
4. Klik tombol OK.
2.9 Forward ( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan Anda ingin juga menyampaikan/meneruskan
pesan tersebut
ke orang lain, lakukan langkah berikut :
1. Buka email/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2. Klik tombol Forward .
Masukkan alamat email penerima. Anda dapat menambahkan komentar di
body text pesan jika
diinginkan.
3. Setelah selesai, klik Send.
2.10 Pemakaian Signature
Kita juga dapat menyertakan “signature” atau
tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada bagian
bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya
sehingga sewaktu mengirim email tidak
perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara otomatis akan tertera
pada bagian bawah email kita. Untuk
melakukannya ikuti langkah berikut:
1. Pada Outlook klik menu Tools
2. Pilih Options
3. Pilih Mail Format ( ada di atas )
4. Kemudian klik tombol “Signature Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5. Pilih New – masukkan nama untuk “signature” Anda.
6. Klik Next – Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga
anda bisa memilih warna dan
bentuk dari font.
7. Klik Finish
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail,
sehimgga penerima dapat mengenal identitas
pengirim.
2.11 Format Font &Background
1. Pada menu Outlook klik menu Tools
2. Pilih Options
3. Pilih Mail Format ( ada di menu atas )
4. Pilih format email pada “Send in this message format” : pilih HTML
5. Klik Font untuk memformat font
6. Klik Stationery Picker untuk memformat background
7. Klik Ok
SETTING OUTLOOK
Sebelum memakai Outlook, terlebih dahulu dilakukan setting atau setup, agar Outlook dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya. Disini akan dijelaskan secara
umum cara men-setting di Outlook,
dengan contoh domain depkeu.go.id (http://mail.depkeu.go.id).
Apabila MS Outlook belum pernah di setup
1. Buka Ms Outlook . Akan muncul kotak jendela untuk Microsoft Outlook Setup Wizard.
2. Check “Microsoft Exchange Server” pada pilihan yg ada. Konfigurasi ini khusus bagi anda
yang menggunakan mail server Exchange.
3. Klik Next akan muncul jendela “Microsoft Exchange Server”
4. Ketikkan nama server misalnya IT00E6-MBX
5. Kettikan user id pada kotak mailbox : mulyadi
6. Pilih “No” pada “Do you travel with this computer”
7. Klik Next
8. Klik Finish
Untuk yang sudah pernah di setup
1. Pada Layar desktop
2. Klik Start
3. Pilih Setting
4. Klik Control Panel, akan muncul kotak dialog
Control Panel seperti pada Gambar
5. Dobel Klik icon Mail, akan muncul menu seperti
gambar.
6. Pilih Microsoft Exchange Server
7. Klik tombol Properties, akan muncul kotak dialog
Microsoft Exchange Server seperti gambar
8. Ketikan pada kotak isian Micrososft Exchange Server : IT00E6-MBX dan Mailbox user id
dan klik tombol Check Name, akan
memeriksa apakah user id telah terdaftar pada mail server
dan apabila berhasil akan bergaris bawah
9. Klik Ok – Klik Ok lagi.
10. Tutup Control Panel
Menggunakan Mail Server Non Microsoft
Exchange
MS Outlook juga dapat digunakan sebagai klien email dengan mail
server non MS Exchange.
Misalnya kantor anda menggunakan Mdaemon, Sendmail, postfix, atau
langsung mendownload dari
internet. Prinsipnya anda harus memasukkan nama server POP3 dan
SMTP pada konfigurasi setup
Outlook.
Langkah-langkah setup nya adalah sebagai berikut :
1. Dari
menu MS Outlook, Klik Tools
2.
Pilih Email Accounts
3.
Pilih Email –>Add New E-mail Account
4. Klik
Next
5.
Pilih POP3 – klik Next
6. Isi
Kolom isian berdasarkan data yang ada
7. Anda
dapat mengetahui informasi POP3 ataupun SMTP melalui keterangan yang ada
pada
email langganan Anda atau bertanya langsung ke bagian Admin.
21
8. Klik
Next
9. Klik
Finish
Test menggunakan Microsoft Outlook
Pada Layar desktop :
1. Dobel klik icon Microsoft Outlook, akan muncul layar Enter password
2. Ketikan pada kotak isian :
User Name : user id
Domain Name : bintek
Password : password
Contoh :
User Name : mulyadi
Domain Name : bintek
Password : mulyadi
Klik Ok, akan muncul lembar
kerja Microsoft Outlook
PENGELOLAAN PERSONAL ADDRESS BOOK/ALAMAT
EMAIL
Outlook menyediakan fasilitas Address Book untuk
mengelola semua alamat email yang ada,
mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.
Personal Address Book berisi alamat e-mail beserta informasi atau
data-data dari orang yang ingin Anda
simpan. Untuk membuka Personal Addres Book lakukan langkah2 berikut :
1. Klik menu "Tools" pada toolbar.
2. Klik "Address Book".
Secara otomatis (default) akan menampilkan “Global Address
List” yang berisi alamat e-mail
yang telah terdaftar.
Background
Signature
Font
Kuliah Umum IlmuKomputer.Com
3.1 Menambah alamat email ke Outlook Address
Book :
Untuk menambah alamat email ke Outlook Address Book, lakukan langkah berikut :
1. Klik tanda panah
dibawah "Show Names from
the:" pilih Outlook Address Book
2. Klik File.
3. Klik New Entry.
4. Pilih New Contact from the list and klik "OK".
5. Pada isian Full Name, ketik
nama lengkap.
6. Pada isian Email : ketik
alamat lengkap e-mail orang tersebut.
Contoh : (dian.sastro@astragraphia.co.id)
Setelah itu klik tombol “Save and Close“.
3.2 Global Address Book
Global Address Book berisi semua user yang terdaftar. Anda dapat
mengaksesnya dengan mengklik
tombol (icon ) Address Book pada toolbar.
3.3 Membuat Group ( Distribution List)
Pada Address Book kita juga bisa membuat beberapa Group yang merupakan
gabungan dari beberapa
personal email, yang berguna bagi kita dalam pengiriman email.
Sehingga memudahkan kita dalam
pengiriman email ke banyak orang tanpa mengetik alamat email
mereka satu-persatu.
Untuk membuat “Group” lakukan langkah berikut :
1. Buka menu “ Address Book”
2. Klik File – pilih “New Entry”
3. Pilih “New Distribution List “ klik Ok
4. Tulis nama dari Group pada kolom yang tersedia ( mis : Bintek )
5. Kemudian Klik tombol “Select Member” untuk memilih siapa saja yang masuk dalam
Group ini.
6. Pilih siapa saja dengan mengklik 2 kali pada nama atau mengklik
tombol “Add”
7. Klik Ok
8. Kemudian klik “Save and Close”
Maka
kita dapat melihat pada menu Address Book di folder “Contacts” akan terdapat Group baru
bernama
“Bintek”. Group ini bisa dimasukkan nantinya dalam pengalamatan email. Kita
dapat
melihat
semua Group yang ada pada folder “All Groups” beserta semua anggotanya dengan
mengklik
2 kali pada group yang diinginkan.
Note: Dari default Global Adress Book yang terdapat di mail server Bintek,
telah ada beberapa
Group default yang di bagi berdasarkan tugas dan bidangnya
masing-masing. Dapat dilihat
pada pilihan “Show All Groups”
2. Rangkuman
Microsoft
Office Outlook 2007
adalah sebuah program untuk manajemen informasi personal yang membantu mengatur
waktu dan informasi secara lebih efektif serta memungkinkan penggunanya untuk
berbagi informasi antar sesama dengan lebih mudah. Electronic mail atau e-mail, adalah bentuk komunikasi yang
sangat penting pada saat sekarangini. Pada Outlook dapat ditemukan semua tools
yang dibutuhkan untuk mengatur dan menggunakan e-mail secara efektif. Dengan
Outlook dapat dilakukan hal-hal berikut ini :
- Mengirim dan menerima pesan e-mail.
- Menyertakan (attach) file kedalam pesan e-mail.
- Membuat dan mengatur buku alamat (address book)
- Mengatur dan mengarsipkan pesan e-mail.
- Personalisasi pesan e-mail.
- Melakukan penjadwalan
Jika kita bekerja dengan Outlook
2007 komputer kita harus tersambung pada internet atau komputer kita harus
tersambung pada local area network (LAN) dengan sebuah komputer server yang
menjalankan Microsoft Exchange Server. Kita juga dapat terhubung ke ISP
menggunakan sebuah modem dan line telepon, high-speed connection seperti DSL
atau kabel, atau melalui LAN
Daftar pustaka
Piotun Y Simanjuntak, lahir di Parapat 15 November 1975.
Menyelesaikan gelar sarjana TI di Gunadarma tahun 1998. Saat
ini bekerja di Badan Informasi dan Teknologi keuangan
(BINTEK), Departemen Keuangan RI. Mempunyai minat yang
0 komentar:
Posting Komentar